Rabu, 04 November 2015



BAB 8

SISTEM PEMROSESAN TRANSAKSI
Sistem pemrosesan digunakan untuk menjelaskan system informasi yg mengumpulkan data yang menguraikan aktivitas perusahaan, mengubah data menjadi informasi, dan menyediakan informasi tersebut bagi para pengguna yang terdapat didalam maupun diluar perusahaan. Ini merupakan aplikasi bisnis pertama yg dipasang pada komputer ketika mereka pertama kali diperkenalkan pada tahun1950an. Sistem pemrosesan transaksi adalah satu-satunya system informasi yang memiliki tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan informasi diluar perusahaan. Sistem pemrosesan transaksi memiliki pesaing. Sebagai contoh, system pemrosesan transaksi memiliki faktur dan laporan saldo kepada pelanggan, pesanan pembelian kepada pemasok, dan data kepada laporan keuangan tahunan kepada para pemegang saham dan pemilik.
Salah satu contoh yang baik dari system pemrosesan transaksi adalah system yg digunakan oleh perusahaan-perusahaan distribusi. Perusahaan yang mendistribusikan produk atau jasa kepada para pelanggannya, system ini disebut sebagai suatu system distribusi (distribution system).


TINJAUAN SISTEM
                DFD mendokumentasikan suatu system dengan cara yang hierarkis. Diagram ini disebut diagram konteks karena ia menyajikan suatu system dalam konteks lingkungannya. Seluruh system ditunjukan oleh kotakyang diberi label “Sistem Distribusi”, yg berada ditengah. Unsur-unsur lingkungan yang berinteraksi dengan system ditunjukan oleh kotak-kotak dan dihubungkan kesistem oleh panah-panah yang disebut arus data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar